Tips Jitu Cara Jualan Online di Facebook

HomeBisnis

Tips Jitu Cara Jualan Online di Facebook

Di era online sekarang ini, berjualan di Facebook adalah kegiatan yang sangat mudah. Cobaaja deh diperhatikan, semakin banyak orang yang berjualan di Facebook, bukan?

Faktanya, awalnya Facebook adalah media sosial tempat semua orang dapat berkomunikasi dan berbagi. Seiring pertumbuhannya, banyak orang memanfaatkan kesempatan untuk berjualan di Facebook.

Meskipun ada pesaing untuk berjualan di Facebook, namun persaingan di Facebook tidak seketat penjualan di platform e-commerce atau marketplace. Karena itulah banyak orang yang cenderung berjualan di media sosial ini.

Cara Mulai Jualan di Facebook

Memulai jualan online di Facebook via Evermos itu mudah. Jika Anda menganggap Facebook hanya tempat untuk memperbarui status Anda untuk membahas pilihan politik, itu berarti Anda belum memahami evolusi media sosial ini.

Anda dapat membuat halaman bisnis khusus untuk bisnis yang Anda jalankan, tidak hanya menampilkan produk yang Anda jual, halaman bisnis juga akan memberikan gambaran menyeluruh tentang bisnis yang Anda jalankan kepada pelanggan.

Jadi membuat halaman bisnis ini sangat penting untuk memulai berjualan di Facebook terutama usaha rumahan yang lagi trend 2022 ini.

Cara Membuat Facebook Bisnis

Langkah pertama untuk mulai berjualan di Facebook bisa dilakukan dengan membuat halaman Facebook dengan akun bisnis

Berikut Cara Membuat Facebook Bisnis:

  • Masuk ke akun Facebook Anda
  • Pilih menu “Halaman” dan klik “Buat Halaman Baru”, atau Anda dapat langsung menuju halaman
  • Isi informasi halaman secara lengkap, termasuk :
    • Nama Halaman (nama bisnis, merek atau organisasi)
    • Kategori (pilih salah satu yang menggambarkan jenis bisnis Anda)
    • Deskripsi (apa yang Anda jual, layanan atau tujuan bisnis) Klik untuk membuat halaman
  • Lengkapi halaman dengan foto profil dan foto sampul/spanduk yang menggambarkan bisnis yang Anda jalankan, lalu klik Simpan.

Selesai. Anda sekarang memiliki halaman bisnis untuk produk yang ingin Anda jual di Facebook.

Selanjutnya, lengkapi halaman bisnis Anda dengan informasi kontak WA, email dan website (jika tersedia). Siapkan juga branded username (facebook.com/usernamebrand) yang akan digunakan pada link tersebut.

Menggunakan Call to Action (CTA)

Menariknya, melalui halaman bisnis ini Anda juga dapat membuat Customer yang berhubungan langsung dengan berbagai produk yang Anda jual, misalnya saja berjualan usaha rumahan yang lagi trend.

Pada halaman bisnis yang Anda buat, klik “Tambahkan Tombol” yang terletak di bawah avatar Anda.

Selanjutnya akan muncul halaman popup dimana Anda dapat memilih tombol mana yang akan ditambahkan untuk memudahkan pembeli mendapatkan produk Anda.

  • Pesan makanan bisa langsung menuju ke GoFood/GrabFood
  • Pesan sekarang bisa langsung ke halaman pemesanan toko online
  • Beli sekarang bisa langsung ke toko/pasar online
  • Daftar langsung ke halaman pendaftaran member
  • Gunakan aplikasi untuk langsung ke halaman PlayStore/AppStore
  • Tonton video, biarkan pelanggan menonton video produk Anda di YouTube
  • Mainkan game mengarah langsung ke situs game

Tidak hanya itu, tombol CTA ini juga memudahkan calon pembeli untuk menghubungi Anda jika ingin bertanya atau melakukan pemesanan.

  • Telepon sekarang bisa disambungkan ke nomor kontak dan WhatsApp
  • Hubungi kami akan mengarahkan Anda ke halaman kontak toko
  • Kirim pesan untuk melanjutkan obrolan Messenger
  • Kirim email untuk melanjutkan pembuatan email
  • Pelajari lebih lanjut Anda dapat menuju ke produk Halaman

Tips Cara Jualan Online di Facebook

Sudah punya halaman bisnis, sekarang saatnya menerapkan strategi berjualan di Facebook dan dapatkan untung. Seperti yang diungkapkan Love Money, berikut beberapa tips cara berjualan di Facebook untuk pemula agar laris manis.

  1. Gunakan Marketplace untuk Berjualan di Facebook

Cara menggunakan Marketplace untuk berjualan di Facebook akan memudahkan orang menemukan produk yang Anda jual yang sesuai dengan spesifikasi Anda. Ya, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menawarkan fungsionalitas Marketplace yang mirip dengan Tokopedia atau Bukalapak.

Fungsi Marketplace Facebook disajikan dengan cara yang sederhana. Nama penjual, gambar produk, lokasi, deskripsi, dan harga tertulis dengan jelas. Fitur ini ada di sisi kiri halaman saat Anda masuk ke Facebook dari desktop.

Penting untuk diperhatikan bahwa dengan fitur ini, Anda perlu bertemu langsung dengan pembeli untuk transaksi dan pembayaran, yaitu menggunakan metode cash on delivery (COD). Tujuannya agar pembeli dan penjual tidak tertipu.

Produk trend usaha rumahan Evermos misalnya, menawarkan cuan yang cocok bagi para pebisnis rumahan, bekerja darirumah tapi tetap  cuan.

  1. Manfaatkan Grup Penjualan

Fitur grup di Facebook sudah ada sejak lama. Namun, di antara sekian banyak kelompok yang bermunculan, tidak sedikit yang mengabdikan diri sebagai penjual.

Keberadaan grup-grup ini tentu menjadi salah satu cara berjualan di Facebook. Apalagi grup ini hanya untuk jualan, dan tidak sulit bagi Anda untuk mencari pembeli.

Bergabunglah dengan grup penjualan sebanyak mungkin di Facebook. Kemudian posting apa yang ingin Anda jual. Dengan cara ini, Anda meningkatkan peluang penjualan yang Anda jual dengan cepat.

  1. Tunjukkan Foto yang Asli dan Bagus

Cara berjualan di Facebook ini akan laris manis dan menarik pembeli dengan cepat, posting foto yang benar-benar asli dan bagus. Seringkali salah satu alasan pembeli tertarik untuk membeli adalah karena gambar yang ditampilkan terlihat asli sehingga dapat dipercaya keasliannya.

  1. Gunakan Layanan Facebook Ads

Facebook juga menawarkan Layanan Facebook Ads yang tentunya akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan cara berjualan lainnya di Facebook. Selama Anda memiliki dana yang cukup, Anda dapat mencetak keuntungan menggunakan layanan Facebook Ads selama periode ini.

  1. Selalu Balas Pesan Pembeli

Jangan pilih-pilih membalas pesan yang masuk ke kotak masuk akun Facebook Anda. Selalu balas setiap pesan yang Anda terima, bahkan jika itu hanya pertanyaan di akhir.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, respons Facebook terhadap balasan Anda akan dihargai dengan lencana Sangat Responsif Facebook. Ini pasti bagus untuk bisnis penjualan Anda.Karena nanti pembeli cenderung membeli dari Anda karena responsif.

Nah, itulah tips yang bisa Anda gunakan, bisa menjadi cara jualan online laris di Facebook. Dengan menggunakan tips ini, Anda dapat memaksimalkan penjualan Anda di Facebook.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: