Tips Membuat Password Mobile Banking yang Aman

HomeKeuangan

Tips Membuat Password Mobile Banking yang Aman

Mobile banking atau m-banking menjadi salah satu aplikasi keuangan yang jamak dilakukan sekarang ini. Pada dasarnya, m-banking merupakan aplikasi yang aman digunakan untuk bertransaksi, asalkan kamu bisa memastikan PIN maupun password yang kamu gunakan kuat atau sulit untuk ditebak orang lain. 

Sayangnya, kebanyakan password m-banking dibuat dengan menggunakan tanggal lahir, angka berurutan atau bahkan nomor rumah yang mudah ditebak. Padahal, hal ini sangat rawan untuk diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Tips Membuat Password Mobile Banking

Saat daftar mobile banking, nantinya petugas bank akan menyuruhmu untuk membuat password m-banking. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika membuat password ini, antara lain:

  • Gunakan kombinasi huruf angka serta karakter lain

Biasanya, beberapa akun menyarankanmu untuk memilih password dengan menggunakan kombinasi seperti huruf, angka serta karakter lainnya. Hal ini juga bisa kamu terapkan ketika membuat password m-banking

Bila kamu takut password tersebut terlupa, kamu bisa memilih kombinasi diantara kedua hal, contohnya saja seperti menggunakan huruf dan angka seperti “lili19”.

  • Membuat password dengan rangkaian yang panjang

Biasanya, kita dihadapkan pada syarat pembuatan password dengan minimal 6 hingga 8 karakter. Tidak ada salahnya kamu memilih karakter yang panjang agar akun mobile banking yang kamu miliki mempunyai keamanan ekstra. 

Untuk masalah karakter password ini, kamu bisa bertanya pada petugas bank ketika daftar mobile banking. Selain itu hindari menggunakan penamaan username serta password yang sama. 

  • Buat password yang mudah diingat tetapi sulit untuk ditebak

Kamu dapat membuat password yang mudah untuk diingat tetapi sulit untuk ditebak, contohnya saja seperti bunga yang kamu sukai dan tidak diketahui oleh siapapun, atau nama artis yang kamu sukai tetapi  juga tidak diketahui oleh orang lain. 

Hindari menggunakan password dengan bahasa Inggris. Rata-rata hacker berasumsi bila password ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh sebab itu hindari menggunakan bahasa asing ini. 

  • Hindari menggunakan lokasi, tanggal ulang tahun, dan nomor telepon

Kamu pasti pernah menggunakan nama lokasi, atau tanggal ulang tahun sebagai password mobile banking yang kamu miliki bukan. Padahal, bila password yang kamu miliki menggunakan rangkaian ini, lebih baik segera kamu ganti. 

Password dengan nama lokasi seperti kota yang kamu tinggali, tanggal ulang tahun serta nomor telepon menjadi hal yang sangat mudah ditebak. 

  • Ganti password secara rutin

Kamu bisa melakukan penggantian password serta PIN m-banking dengan rutin. Jangan sampai, hingga sekarang kamu masih menggunakan password m-banking dari pertama kali kamu daftar mobile banking

Paling tidak, kamu bisa mengganti password 1 atau 2 bulan sekali. Tentu saja, kamu bisa menggantinya bersamaan dengan akun-akunmu yang lain, sehingga tidak mudah terlupa. 

password m-banking

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/cetak-nomor-putih-dan-merah-2882630/

Rekomendasi Mobile Banking yang Tepat untuk Anak Muda

Saat ini, ada begitu banyak m-banking yang bisa dijadikan sebagai pilihan, salah satunya adalah PermataMobile X. PermataMobile X merupakan aplikasi mobile banking yang dimiliki PermataBank. PermataMobile X mempunyai berbagai macam fitur yang bisa memenuhi kebutuhan perbankanmu serta memudahkan sejumlah transaksi. 

Ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh PermataMobile X ini, seperti:

  • Canggih

PermataMobile X merupakan sebuah aplikasi mobile banking yang canggih karena ada berbagai macam fitur dengan jumlah ratusan yang tersedia sehingga akan memudahkan transaksi yang kamu lakukan. 

  • Aman

Bukan hanya memiliki ratusan fitur, transaksi dengan menggunakan PermataMobile X juga terjamin aman. hal ini disebabkan karena adanya fitur login dengan menggunakan sidik jari serta face ID

  • Praktis

Dengan menggunakan PermataMobile X, berbagai macam transaksi bisa kamu lakukan. Kamu bisa melakukan transfer, membuka rekening, mengecek mutasi, melakukan pembayaran kartu kredit, hingga pengajuan KTA. Seluruh transaksi tersebut dapat dilakukan dengan hanya menggunakan satu aplikasi. 

Selain berbagai keunggulan tersebut, ada berbagai macam transaksi keuangan yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan mobile banking PermataMobile X, seperti:

  1. Pengecekan mutasi sampai 12 bulan terakhir.
  2. Melakukan pembayaran tagihan seperti telepon, listrik, internet dan yang lainnya.
  3. Melakukan pengisian pulsa, token listrik, e-wallet sampai voucher game.
  4. Membuat rekening tabungan, kartu kredit serta melakukan pengajuan KTA. Semua proses pengajuan ini bisa dilakukan secara online, sehingga tidak perlu pergi ke kantor cabang.
  5. Melakukan transaksi investasi reksa dana seperti pembelian, penjualan hingga switching di mana saja dan kapan saja.
  6. Melakukan pembayaran menggunakan QR Pay. Kamu dapat melakukan pembayaran di berbagai toko dan merchant. Kamu hanya perlu melakukan pembayaran dengan menggunakan scan barcode di merchant. Dengan menggunakan cara ini, kamu tidak perlu melakukan pengisian e-wallet.
  7. Melakukan tarik tunai di semua gerai Indomaret dengan menggunakan fitur Mobile Cash. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa masuk di menu lainnya kemudian menu Mobile Cash dan pilih Indomaret. Masukkan nomor handphone yang dimiliki. Nantinya, kamu akan menerima token. Berikan cash code ke kasir Indomaret sehingga tarik tunai bisa dilakukan. 
  8. Mengirim WhatsApp Gift. Fitur ini adalah transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan ke salah satu nomor WhatsApp. Terdapat berbagai macam pilihan kartu ucapan yang menarik. Ketika menggunakan fitur ini, kamu tidak perlu mengetahui nomor rekening yang akan dituju karena hanya menggunakan nomor WhatsAppnya. 
  9. Dapat melakukan pengajuan kenaikan limit sementara kartu kredit. 

Dengan berbagai fasilitas tersebut, yakin tidak ingin menggunakan mobile banking PermataMobile X? kamu bisa men-download-nya di App Store maupun Play Store.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: