Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek dengan Pinjaman Modal Usaha

HomeBisnis

Tips Jitu Memulai Bisnis Apotek dengan Pinjaman Modal Usaha

Di masa pandemik seperti sekarang ini, bisnis apotek menjadi salah satu usaha yang terlihat sangat menjanjikan. Terlebih obat-obatan menjadi kebutuhan utama yang dimiliki oleh semua orang. Bukan hanya digunakan untuk mengobati rasa sakit, tetapi juga diperlukan untuk mengantisipasi penyakit. 

Ketika sudah menemukan ide usaha yang akan dijalankan, modal usaha menjadi salah satu hambatan yang biasanya dihadapi. Tentu ini menjadi hal yang wajar, mengingat bisnis apotek memiliki modal yang cukup besar. 

Sebenarnya, untuk mengatasi hal ini, pinjaman modal usaha bisa dijadikan sebagai solusi. Anda dapat mengajukan pinjaman untuk mulai merintis bisnis ini. 

Keuntungan Membuka Bisnis Apotek

Sebagai sebuah usaha yang menggiurkan di masa sekarang, membuka bisnis apotek tentu saja memiliki keuntungan tersendiri, seperti:

  • Prospek yang menjanjikan di masa depan

Bisnis apotek mempunyai prospek yang sangat menjanjikan, lebih-lebih di masa modern seperti saat ini. Manusia begitu rentan terkena penyakit karena pola hidup yang sembarangan. 

Untuk mendapatkan obat, tentu tidak semudah seperti yang dibayangkan karena harus pergi ke rumah sakit. Namun, dengan adanya apotek, mereka dapat membeli obat sesuai dengan kebutuhan. 

  • Konsumen selalu ada

Konsumen dapat dipastikan selalu ada karena semua orang tentu ingin sehat dan untuk mewujudkannya harus mengkonsumsi vitamin dan obat-obatan. Ditambah saat ini masyarakat semakin peduli dengan kesehatan tubuh. 

Sehingga meskipun menggunakan pinjaman modal usaha untuk memulai bisnis apotek, anda tidak perlu cemas karena konsumen akan selalu ada. 

  • Hemat tempat

Bisnis apotek tidak memerlukan lahan yang luas. Anda bisa menyewa tempat kecil di pinggir jalan dan menambahkan papan nama apotek. 

obat di apotek

sumber: canva.com

Tips Membuka Bisnis Apotek

Meskipun bisnis apotek memberikan berbagai keuntungan, namun Anda harus menjalaninya dengan sungguh-sungguh, mengingat modal yang digunakan untuk membangun bisnis ini dari pinjaman modal usaha kecil. 

Berikut berbagai macam tips untuk membuka bisnis apotek, antara lain:

  • Pastikan lokasi strategis

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi apotek yang strategis. Anda dapat memperhatikan kepadatan penduduk serta transportasi umum yang berada di sekitar lokasi. Usahakan membuka apotek di daerah yang ramai dan memiliki lalu lintas dua arah. 

Anda dapat menganggarkan budget lokasi apotek dari pinjaman modal usaha, sehingga benar-benar mendapatkan lokasi yang strategis. 

  • Miliki dasar pengetahuan produk

Ketika menjalankan usaha apotek, Anda harus memiliki pengetahuan mengenai produk. Bila Anda tidak mempunyai pengetahuan khusus seperti latar belakang pendidikan farmasi, Anda harus mempersiapkan apoteker yang akan menjalankan usaha. 

  • Perizinan 

Perizinan menjadi hal yang penting diperhatikan karena perizinan berkaitan dengan kepercayaan konsumen. Sekarang ini pengurusan perizinan pembukaan apotek bukan menjadi hal sulit, asalkan dokumen sudah disiapkan dengan baik, dapat dipastikan proses bisa berjalan dengan lancar. 

  • Susun strategi bisnis

Jika masalah tempat, apoteker hingga perizinan sudah disusun dengan rapi, sudah saatnya untuk menyusun strategi bisnis. Anda bisa memperhitungkan hal-hal yang berhubungan dengan pengeluaran dan pemasukan. 

Lebih-lebih nantinya Anda menggunakan pinjaman modal usaha, sehingga strategi bisnis harus diperhatikan dengan baik. Selain itu pertimbangkan kegiatan promosi, jumlah karyawan serta layanan pelanggan. 

  • Lengkapi semua sarana dan prasarana

Sebenarnya, karena menggunakan pinjaman modal usaha, sarana dan prasarana menjadi hal yang bisa dilengkapi dengan mudah. Mengingat kunci dalam mengembangkan usaha adalah pelayanan, oleh sebab itu beri pelayanan yang optimal pada setiap pelanggan yang membeli. 

Agar pelayanan menjadi semakin optimal, Anda dapat memberikan konseling secara online dan offline. Selain itu buat ruang tunggu yang nyaman. 

obat-obatan di apotek

sumber: pexels.com

Modal Bisnis Apotek

Ketika akan mengajukan pinjaman modal usaha, perhitungan modal menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha apotek ini seperti pembelian obat-obatan. 

Pembelian obat-obatan beserta etalase mulai dari Rp 50 juta. Semakin lengkap obat yang Anda jual, akan semakin banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli di apotek Anda. selain itu Anda juga harus membayar tenaga kerja mulai dari apoteker, hingga karyawan yang akan melayani pembelian. 

Modal yang lainnya seperti tempat usaha, hingga biaya pemasaran. Untuk tempat usaha, Anda bisa langsung menyewanya selama 1 tahun. Sedangkan, untuk biaya pemasaran, Anda bisa mengandalkan pemasaran baik online dan offline. 

Rekomendasi Pilihan Pinjaman Modal Usaha yang Tepat

Bila masih memikirkan masalah modal, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha kecil. Salah satu tempat yang dapat dijadikan pilihan untuk mengajukannya adalah Bank DBS Indonesia.

DBS KTA bisa menjadi solusi ketika Anda sedang mencari pinjaman modal usaha. Berikut berbagai keunggulan yang dimiliki DBS KTA, antara lain:

  • Pinjaman diberikan hingga Rp300 juta 

DBS KTA memberikan pinjaman hingga Rp300 juta, sehingga Anda bisa memenuhi seluruh kebutuhan modal usaha bisnis Anda dari pinjaman ini. 

  • Bunga flat mulai dari 0,88% per bulan

Selain memberikan plafon yang besar, DBS KTA juga menawarkan bunga flat mulai dari 0,88% per bulannya. Dengan ketentuan bunga flat, Anda bisa lebih mudah menghitung kebutuhan dana untuk operasional bisnis setiap bulannya. 

  • Cicilan mencapai 36 bulan

DBS KTA menyediakan cicilan hingga mencapai 36 bulan. Anda dapat memilih tenor cicilan sesuai dengan kemampuan anggaran pendapatan bisnis yang sudah dihitung sebelumnya.  Sehingga, pastikan melakukan perhitungan dengan cermat. 

Dengan berbagai keunggulan tersebut, DBS KTA bisa menjadi pilihan yang tepat ketika membutuhkan pinjaman modal usaha bukan? Ajukan pinjaman sekarang juga, dan bangun usaha yang Anda impikan selama ini.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: