5 Tips Mencegah Corona Virus

HomeKesehatan

5 Tips Mencegah Corona Virus

Saat ini hampir semua stasiun TV menayangkan berita tentang Virus Corona dan cara mencegah Corona. Tidak ada yang salah dengan semua itu, namun jika dilihat-lihat, kita hanya melihat bagaimana virus itu menyerang, dampak buruk yang ditimbulkan virus corona, banyaknya korban meninggal akibat COVID-19 dan banyak lagi hal tidak enak yang harus kita cerna akhir-akhir ini. Pada akhirnya kepanikan melanda banyak orang. Mungkin termasuk kita diantaranya. Sistem Lock Down yang dilakukan negara-negara lain belum bisa diterapkan sepenuhnya di Indonesia dengan banyak alasan yang mungkin tidak kita pahami.

Lalu bagaimana kita harus menghadapi serangan COVID-19 saat ini. Apakah menunggu para ahli menciptakan vaksin penyembuh COVID-19 yang belum jelas kapan terwujud itu sudah cukup?

Berikut ini beberapa tips cara mencegah penyebaran Virus Corona.

Biasakan diri mulai saat ini untuk mencuci tangan.

Meski bukan hal baru bagi kita, namun pada kenyataannya kita sering lupa untuk melakukan hal yang mungkin dianggap sepele ini. Yang jelas jika mencuci tangan adalah hal yang sepele, tidak mungkin hand sanitizer langka di pasaran saat ini. Artinya, semua orang mulai sadar bahwa mencuci tangan merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan dalam setidaknya mengurangi resiko terkena infeksi virus corona ini.

Mulailah membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, atau setelah berjabat tangan dengan orang lain, atau sebelum dan setelah menyentuh benda-benda yang bisa memungkinkan kita terinfeksi virus corona. Cucilah tangan minimal selama 20 detik sebelum dan sesudah kita melakukan sesuatu.

Gunakan Masker hanya jika diperlukan

Banyak orang yang salah dengan konsep menggunakan masker. Meski tidak sepenuhnya salah. Kepanikan dan ketidak tahuan kita membuat kita menjadi monster jahat yang menghabiskan masker di pasaran hanya untuk kebutuhan pribadi tanpa mempedulikan orang lain. Sebaiknya utamakan anggota keluarga yang sedang sakit atau merasa memerlukan penggunaan masker. Kurangi penggunaan masker pada orang yang sedang fit, kecuali memang diperlukan penggunaannya seperti saat belanja di swalayan untuk menghindari penyebaran dari sumber-sumber yang mungkin tidak bisa kita prediksi.

 

Hindari kontak langsung dengan orang lain

Salah satu penyebab penyebaran Virus Corona adalah sentuhan langsung dari orang ke orang. Bisa melalui jabat tangan, menyentuh bagian tubuh atau pakaian yang terkena cipratan virus corona dan lainnya. Mungkin bagi orang Indonesia menghindari kontak langsung ketika bertemu dengan orang yang kita kenal menjadi sebuah hal yang kurang sopan. Namun untuk saat ini, ketika serangan COVID-19 begitu terasa cepat, tidak ada salahnya untuk memaklumi hal tersebut. Yakinlah bahwa hal ini dilakukan demi kebaikan bersama.

Siapkan Sapu tangan bersih, dan tisu kemanapun kita pergi

Sama hal nya dengan mencuci tangan, sapu tangan bersih mungkin bisa jadi alternatif lain untuk menjaga tangan kita tetap bersih. Meskipun tingkat kebersihannya tidak akan setara dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian gunakan Tisu untuk mengelap atau menghindari resiko terinfeksinya kulit wajah atau anggota tubuh lainnya yang tak terduga ketika kita berada di luar ruangan.

Jangan berlama-lama menyentuh benda di luar rumah yang belum jelas kebersihannya

Tidak semua orang berfikiran sama dengan kita yang sedang menjaga diri dari terkena infeksi COVID-19. Jadi mulailah untuk waspada saat menyentuh benda yang belum kita tahu kebersihannya, seperti uang kembalian, keranjang belanja, kantong belanja dan lainnya yang memungkinkan banyak orang menyentuhnya sebelum kita. Dengan menghindari itu minimal kita bisa mencegah penularannya.

Dan yang terpenting dari itu semua adalah kesadaran diri kita untuk tetap waspada dan memahami seperti apa Corona Virus itu sebenarnya. Karena dengan mengenal lebih dalam tentang apa COVID-19 setidaknya kita akan tahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk menghindarinya. Jadi sudah sejauh mana kita mengenal Virus Corona?

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: